Tempatnya Artikel Pendidikan.

Bahasa Inggris: Short Functional Text

SHORT FUNCTIONAL TEXT


Pernah tahu tentang message ( pesan ), Announcement ( penumuman), Brosur,  Advertisement ( Iklan ) dan Letter ( Surat )? Namun kebanyakan dari kita belum mengetahui artinya, untuk itu saya ingin memberitahu arti dan macam macamnya.

Short Functional Text - merupakan teks pendek yang berisi perintah, pengarahan atau sesuatu yang harus dilakukan atau tidak boleh dilakukkan yang dapat berupa larangaan ( prohibition ), undangan ( invitation ), kartu ucapan ( greeting cards ), pesan pendek ( short message ), daftar belanja ( shopping list ), peringatan ( notice ), pengumuman ( announcement ), dan lainnya yang mengandung maknda dan digunakan dalam komunikasi sehari - hari.

Short Functional Text dibagi menjadi 5 macam, yaitu :


1. Letter ( Surat )


Surat adalah komunikasi yang dibuat secara tertulis untuk menyampaikan suatu berita atau informasi dari seseorang atau lembaga atau instansi kepada seseorang/lembaga/instansi dengan mengikuti aturan dan bentuk tertentu.

    Dear Doni,

    How are you? Hope you're fine. I'm happy to write to you again. Well, it is nice to know your goal of life. That's quite amazing to be a strewardess. as for me, i want to be a doctor. You know, being a doctor is an exalted job. I will not only be able to help many sick people to get well again. If would be very exciting to travel and visit many places to do my job. I think that's all ofr now. Will you write me a reply soon?

Cheers
Wulan

2. Advertisment ( iklan )


Advertisment merupakan pesan untuk mendorong, membujuk orang banyak agar tertarik, memiliki, membeli dan menggunakan barang dan jasa yang ditawarkan melalu berbagai macam media, seperti : radio, televisi, koran, media sosial, majalah, reklame dan semacemnya.

Advertisment dibagi menjadi 3 jenis, yaitu iklan yang berdasarkan sifatnya, berdasarkan ruang dan iklan berdasarkan tujuannya.

A. Berdasarkan iklannya:

=> Iklan niaga, yaitu iklan yang dibuat untuk mempengaruhi orang banyak supaya tertarik untuk memiliki, membeli dan menggunakan produk yang diiklankan.
> Iklan non-niaga, yaitu iklan yang dibuat untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mempunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap hal yang diiklankan.

 B. Berdasarkan tujuannya :


=> Iklan penawaran
=> Iklan pengumuman

C. Berdasarkan ruangnya :


=> Iklan baris, merupakan iklan yang menggunakan bahasa singkat dan padat.
=> Iklan lowongan pekerjaan.

3. Brochure ( Brosur )


Biasanya brosur berisikan tentang informasi atau penjelasan tentang sesuatu produk, layanan, fasilitas umum, sekolah yang dimaksudkan sebagai sarana beriklan.

Ciri - ciri brosur :
1. Menggunakan headlines, yang terdiri dari kalimat - kalimat yang pendek dan sederhana.
2. Menggunakan jenis dan ukuran huruf yang mudah, enak untuk dibaca
3. Meyakinkan pembaca untuk melakukan sesuatu membeli produk tertentu.
4. Menjelaskan sisi baik sebuah produk.
5. Mencantumkan alamat atau orang yang dapat dihubungi dengan jelas.

4. Announcement ( Pengumuman )


Pengumuman merupakan suatu informasi yang disampaikan kepada orang banyak. Pengumuman dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu:

1. Pengumuman resmi, merupakan pengumuman yang isinya berkatikan dengan kepentingan organisasi/instansi
2. Pengumuman tidak resmi, merupakan pengumuman yang isinya berkaitan dengan kepentingan pribadi atau perorangan.

Example Announcement:
ANNOUNCEMENT

This Tuesday is August 17th, the traditional ceremony day, don't miss the traditional carnaval begins at 08.00 in every distric of Solo. Gather in front of out college at 07.30 to see the parade with the principal. Don't miss it! And join many contests at college.
Free regristation, full of door prize.

5. Message ( Pesan )


Pesan merupakan serangkaian isyarat yang diciptakan oleh seseorang untuk saluran tertentu dengan tujuan untuk mengutarakan atau menimbulkan suatu makna  tertentu dalam diri orang lain yang hendak diajak berkomunikasi.

Example Message:
Dear Ghina,
Ghina, Mr. Bryan Abihasan Sulthan asked yo to meet him at him office after lunch. He also asked you to bring your final report.

Your Friend,

Bray
Cukup sekian penjelasan saya tentan Shor Functional Text, semoga bisa membantu. Blog ini akan mencoba untuk selalu memosting tentang pelajaran dan soal - soal. Untuk itu jangan sungkan untuk memberi kritik dan sarannya. Terima kasih...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bahasa Inggris: Short Functional Text

1 comments:

Naldiano said...

sangat membantu